Senin, 03 Desember 2012

PENGARUH BUDAYA KOREA TERHADAP REMAJA INDONESIA

saranghae,
oppa ,
mianhae
dll
siapa sih yang g' tau kata kata itu???????
sekarang anak sd pun tau dan bahkan mengerti arti kata tersebut, kata kata di atas hanya sebahagian dari puluhan karakter atau bahkan ratusan karakter kata korea yang populer saat  ini, bukan hanya populer kata kata tersebut seolah sudah menjadi gaya hidup para remaja sehari hari , bahkan bukan hanya remaja yang tau kata kata tersebut ibu rumah tangga bahkan bapak bapakpun tampaknya sudah tau bahkan telah terkena halyu wave atau trendnya disebut K WAVE

korean drama, Kpop pada detik ini sudah sangat mendunnia,
baiklah singkatnya saya sebagai penulis akan sedikit bercerita tentang awal keterkenalan korea di dunia
Awalnya korea di perkenalkan melalui drama, sekitar tahun 2000 ada sebuah drama yang sangat terkenal yaitu WINTER SONATA, Drama ini seolah membius jutaan pasang mata pada saat itu,,, awalnya hanya di asia pasifik,  namun karena kecannggihan teknologi drama ini mulai  terkenal di seluruh dunia,,,,
lambat laun dengan  berkembangnya teknologi informasi ,,, koreapun semakin terkenal ke pelosok dunia,,,,
salah satu negara yang terkena dampak ini adalah indonesia, drama koreapun mulai ditayangkan di stasiun stasiun televisi indonesia hingga saat ini mungkin telah ratusan drama yang ditayangkan  di indonesia bukan hanya winter sonata. tapi banyak drama lain seperti full hause, jewel of the palace dan banyak lagi


Seiring dengan banyaknya drama korea yang bermunculaan para pencinta drama pun mulai penasaran dengan segala yang berhubungan dengann drama korea,,,, akhirnya dunia musik koreapun menjadi destinasi para pencinta drama ini , sejak saat itu mulailah  keterkenalan korea bukan hanya drama, dunia musikpun menjadi sangat terkenal



 Siapa yang tidak tau super junior, snsd , f(x), dan masih banyak boyband dan girl band korea yang diidam idamkan oleh para remaja, karena pada kenyataannya para pencinta korea sebagian besar adalah para remaja, para remaja ini seperti dibius oleh makin banyaknya bb and gb yang bermunculan di korea ,, selain paras para artis tersebut cantik dan gagah ,,,,,, nyanyian yang di susun secara apikpun semakin membuat banyak orang suka termasuk saya sendiri,,, pada awalnya saya juga termasuk orang yang tidak terlalu suka dengan musik korea namun lambat laun karena perkembangan teknologi sayapun menjadi satu darri jutaan kpopers di dunia.


kita tidak bisa memungkiri keterkenalan kpop di dunia telah membawa dampak pada indonesia seperti cara berpakaian ,,, kebudayaaan koreapun telah mulai menyusuk ke indonesia,, bahkan telah mengalahkan indonesia .,,, bnyak anak muda indonesia yang lebih tertarik terhadap kebudayaan korea,,, ratusan girlband dan boybandpun bermunculan di indonesia , hal itu memang tidak bisa kita pungkiri,,,,,


bukan hanya kebudayaan tetapi negara korea selatanpun sudah menjadi incaran para turis mancanegara termasuk indonesia ,,, para wisatawann mulai menyerbu yang namanya korea ,,, wisata korea yang dulunya anjlokpun semakin menigkat dengan berdatangannya  wisatawan asing

kalau trend korea, kita bisa tahu teknologi apa yang sedang trend dari produk elektronik samsung yang katanya sedang booming HP Android. padahal remaja seharusnya bukan meniru artisnya, tetapi belajar positif dari orang Korea. Padahal, orang korea Sifatnya sangat membantu dan helpful terhadap orang asing di seluruh dunia. kalau dampak negatifnya adalah trend Operasi Plastik yang sedang booming di kalangan artis korea. padahal, Operasi Plastik sangat membahayakan bagi kesehatan kita . yang paling parahnya adalah Kasus Bunuh diri yang menimpa artis-artis Korea Selatan Sudah semakin terjadi. menurut Organization for Economic Cooperation dan development mencatat , 21 dari 100 ribu orang korea melakukan bunuh diri melewati batas normal  yaitu 11. ya allah, jangan sampai terjadi di Indonesia.
Kita Bisa mengambil sisi Positif dan sisi Negatif dari Korea Selatan. yang baik di ambil yang buruk kita hilangkan saja. boleh mencintai budaya Korea Selatan tetapi kita jangan sampai lupa dengan budaya kita Sendiri. Karena, kalau bukan kita yang mencintai budaya kita , siapa lagi?



saya tekankan sekali lagi sebuah negara bisa maju apabila para generasi mudanya mencintai budayanya ,,, korea bisa seterkenal sekarang tidak lain dan tidak bukan merupakan usaha para generasi mudanya yang mencintai budayanya dan tidak bosan bosannya memperkenalkan budayanya kepada dunia luass















26 komentar:

  1. begitulah kenyataan yang ada..:D

    BalasHapus
  2. Aulia demam korea, setuju sama geby :D

    BalasHapus
  3. sekali-kali gak ada gitu demam INDONESIA?? -_-
    *krikk

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok yaa kalau si yesung udah jadi pacar gue
      wkakwkwkwkww

      Hapus
  4. korea-korea min truih mah :p

    BalasHapus
  5. "saya tekankan sekali lagi sebuah negara bisa maju apabila para generasi mudanya mencintai budayanya ,,, korea bisa seterkenal sekarang tidak lain dan tidak bukan merupakan usaha para generasi mudanya yang mencintai budayanya dan tidak bosan bosannya memperkenalkan budayanya kepada dunia luass"

    setuju banget...

    BalasHapus
  6. Korea...Korea
    Ndak ado yg lain??

    BalasHapus
  7. Merasa sedikit tersanjung(?), karena aku juga salah satu korbannya...

    Hmmm aku SESUJU banget ma yang kalimat,,

    "korea bisa seterkenal sekarang tidak lain dan tidak bukan merupakan usaha para generasi mudanya yang mencintai budayanya dan tidak bosan bosannya memperkenalkan budayanya kepada dunia luass"

    dan juga bener banget, kita harus mencontoh hal" yg positif bukan yang negatifnya...:)


    BalasHapus
  8. Hmmm.. Aku jga jdi korban

    Aulia comment blog ka y
    http://curahanahtiuntukmu.blogspot.com/2012/12/all-about-love.html?m=1

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  11. indonesia kapan mau jadi negara maju kalo' remaja.nya aja lebih memilih untuk mengikuti perkembangan negara lain dan kurang mencintai negaranya -,-"

    btw , postingannya bagus :p :p :p

    BalasHapus
  12. Postingannya bagus ya :D
    Kapan mau maju negaranya kalau remajanya gak cinta budaya sendiri :)

    BalasHapus
  13. nah betul tu kata mutiaranya, "cintai lah produk luar negeri,jgnpakai yang luar negeri" hahaha

    BalasHapus
  14. aku jga termasuk slah satu korban dari k-pop ini,.
    andaikan remaja indoesia lebih semangat untuk membangun negerinya seperti remaja di korea,pasti negeri akan bisa lebih maju,. :)

    BalasHapus